Provinsi Lampung Masuk 20 Pemerintah Daerah se-Indonesia APBD Mandiri

by -112 Views
banner 728x90

Medsoslampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menjadi satu dari 20 Pemerintah Daerah se-Indonesia dengan katagori Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang mandiri.

Tingkat Kemandirian Pemerintah Kabupaten/ Kota adalah tingkat kemandirian keuangan pemerintah kabupaten/kota berdasarkan rasio Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap APBD. Daerah yang berhasil meningkatkan PAD-nya secara nyata, mengindikasikan bahwa daerah tersebut telah dapat memanfaatkan potensi yang ada secara optimal.

banner 336x280

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Kemendagri Agus Fatoni, menjelaskan bahwa saat ini hanya 20 daerah yang APBD-nya terbilang mandiri. Terdiri dari 14 Pemprov, lima Pemerintah Kabupaten dan satu kota, Jumat (16/12/2022).

Rinciannya Provinsi Lampung, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Bali, Batam, Bekasi, Tangerang, Semarang, Surabaya dan Badung.

“Saat ini yang dikatakan mandiri adalah yang PAD-nya lebih tinggi dari TKD,” kata Agus.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Kemendagri Agus Fatoni menambahkan, daerah tidak hanya mengejar TKD semata, tetapi juga harus fokus dalam meningkatkan PAD masing-masing.

“Karena keduanya ini yang akan digunakan untuk belanja di daerah. Seperti untuk pembangunan, peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. (kmf/iwr)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.