Wagub Lampung Gugah Kesadaran Mempertahankan Kedaulatan NKRI

by -350 Views
banner 728x90

Medsoslampung – Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim mengajak Peringatan Hari Bela Negara Ke- 74 sebagai momentum untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Nunik — sapaan akrab Wagub Lampung — saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke- 74 Tahun 2022 di Provinsi Lampung di Lapangan Korpri, Kantor Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (19/12/2022).

banner 336x280

“Melalui peringatan ini, kita meneguhkan niat kita, bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Selamat Hari Bela Negara ke- 74, Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku,” ujar Nunik membaca amanat Presiden RI Joko Widodo.

Nunik mengatakan pesan Presiden, untuk terus membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul, produktif, inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara.

“Sebab kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang,” katanya.

Nunik menjelaskan Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara.

“Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

Nilai Dasar Bela Negara, kata Nunik yaitu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara, dan Kemampuan Awal Bela Negara.

“Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,” katanya.

Melalui peringatan Hari Bela Negara ke-74, Nunik mengatakan bahwa Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera,” pungkasnya.(adp/iwr)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.