Dukung Pengrajin Tapis, Universitas Saburai Bakal Jalin Kerja Sama Dengan Dekranasda Lampung Selatan

by -65 Views
banner 728x90

Medsoslampung – Kalianda, Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai (Saburai) bakal menjalin kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Selatan.

Kerja sama itu dalam hal pengembangan di bidang industri kerajinan tapis sebagai bentuk dukungan terhadap pengrajin tapis di bumi Khagom Mufakat.

banner 336x280

Hal itu terungkap dalam audiensi antara  Universitas Saburai dengan Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan yang berlangsung di kantor Dekranasda setempat, pada Rabu (21/2/2024). 

Dalam pertemuan tersebut, Dr. Lina Maulidiana selaku ketua rombongan menyampaikan niat baik sebagai akademisi dari Universitas Saburai untuk bermitra bersama Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan. 

Mantan Rektor Saburai ini menyampaikan, bahwa kerja sama tersebut dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada industri kecil menengah (IKM) pengrajin tapis.

“Dipilihnya Kalianda, Lampung Selatan, melihat kondisinya yang berada di pintu gerbang Sumatera dan tempat transit dari daerah Jawa ke Sumatera. Sehingga saya rasa perlu pengembangan lebih kepada masyarakat pengarajin tapis,” ucapnya.

Wanita yang biasa disapa Lina ini menyampaikan, salah satu fokus utama pengabdian tersebut adalah pengembangan model fintech untuk mendukung IKM pengrajin tapis Lampung Selatan melalui edukasi, pendampingan dan bantuan-bantuan lainnya.

“Dalam hal ini, kami akan mengajukan proposal hibah kepada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mendukung pengembangan program pengabdian ini,” kata Lina.

Sementara, Ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menyambut baik rencana kerja sama itu

“Saya mengapresiasi atas upaya akademisi Universitas Saburai dalam mendukung pengembangan pengrajin tapis di daerah Lampung Selatan,” kata Winarni.

Winarni berharap,  kerja sama itu akan membawa dampak positif yang signifikan bagi kemajuan masyarakat Lampung Selatan, khususnya para pengrajin tapis.

“Selaku Ketua Dekranasda Lampung Selatan, kami sangat berterimakasih atas kerja sama mendukung pemerintah daerah dalam mensejahterakan masyarakat Lampung Selatan khusunya IKM kami,” ucap Winarni. (Rls/hel)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.