Polda Metro Jaya tidak Gegabah Simpulkan 4 Korban Mati karena Kelaparan

by -87 Views
banner 728x90

Medsoslampung – Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol. Hengki Haryadi turun langsung untuk membentuk tim dalam penyelidikan kasus kematian sekeluarga di kalideres Jakarta Barat.

Pihaknya pun tidak akan gegabah secara cepat menyimpulkan 4 orang yang di temukan meninggal dunia yang sudah mengering tersebut dikarenakan kelaparan ataupun korban pembunuhan.

banner 336x280

Hengki Haryadi menyebutkan timnya turun langsung untuk membantu Polres Metro Jakarta Barat dalam mengusut lebih dalam terkait penyebab kematian sekeluarga tersebut.

“Ditreskrium Polda Metro Jaya telah diterjunkan ke lapangan, mem-back up Polres Metro Jakarta Barat dalam penyelidikan kasus tersebut. Kami membantu Polres Metro Jakarta Barat untuk mengungkap penyebab kematian sekeluarga di Kalideres secara ilmiah sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan secara Hukum,” terang Hengki Haryadi, Sabtu (12/11/2022). Melalui pesan WA-nya yang ditujukan ke sejumlah awak media.

Hengki Haryadi menambahkan akan melakukan penyelidikan dengan metoda induktif dan deduktif untuk membuat terang tabir kematian sekeluarga di Kalideres ini.

“Yang Jelas secara induktif, yaitu olah TKP sudah dilaksanakan. Sedangkan secara deduktif, kami akan mendalami informasi,” tambah Hengki Haryadi.

Kemudian, adanya informasi tentang tidak ditemukannya bahan makanan hingga ada soal kapur barus (bahan kimia), saat ini, kata Hengki Haryadi, pihaknya menunggu hasil Kedokteran Forensik dan Laboratorium Forensik. Termasuk mendalami kemungkinan adanya zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh korban.

“Proses Kedokteran Forensik maupun Laboratorium Forensik (untuk pemeriksaan toksikologi dan histopatologi) masih kita tunggu mengenai sebab-sebab kematian secara akurat,” tegas Hengki Haryadi.

Tim yang dipimpin langsung oleh Hengki Haryadi juga akan melakukan pemeriksaan digital forensik untuk menggali kemungkinan motif-motif di balik peristiwa kematian sekeluarga ini.

“Tim lain seperti Laboratorium Cyber terkait alat bukti elektronik yang kami dapatkan juga diturunkan. Kita mendalami segala macam kemungkinan sebab dan motif dari kejadian ini,” tutur Hengki Haryadi.

Saat ini, pihaknya memastikan akan bekerja ekstra mengingat peristiwa di Kalideres ini menyita perhatian publik.

Hengki Haryadi akan mengedepankan penyelidikan ilmiah sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Sementara hal hal yang disampaikan bahwa para korban mati karena kelaparan, Hengki Haryadi juga menyebutkan bahwa hal itu belum bisa dipertanggungjawabkan.

“Yang paling utama secara scientific crime investigation, tim Polda Metro Jaya dan Polres Jakbar masih terus mendalami dan menanti hasilnya, baik dari Kedokteran Forensik maupun Laboratorium Forensik. Artinya, perihal kematian disebabkan kelaparan itu belum bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya lagi.(*/inz)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.