PMI Lampung Beri Penghargaan 8 Pendonor KSR PMI Unila

by -282 Views
banner 728x90

Medsoslampung – Unit Donor Darah (UDD) Pembina PMI Provinsi Lampung memberikan penghargaan kepada delapan pendonor Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Lampung (KSR PMI Unit Unila).

Penghargaan diberikan saat donor darah di Ruang Donor Darah KSR Graha Kemahasiswaan Lantai II, Unila, Rabu, 16 November 2022.

banner 336x280

Diketahui, UKM KSR PMI Unit Unila sangat aktif terjun dibidang kemanusiaan di Provinsi Lampung maupun di luar Lampung. Seperti terlibat di Penanganan Bencana Gempa Bumi Liwa Lampung, Gempa Bumi Bengkulu, Tsunami Aceh, Gempa Bumi Yogyakarta, dan lain-lain.

Sejak tahun 1992, KSR PMI Unit Unila juga sangat aktif mengadakan donor darah bekerjasama UDD Pembina PMI Provinsi Lampung di lingkungan Unila. Bahkan, semua kegiatan donor darah yang dilakukan oleh UKM, himpunan mahasiswa fakultas, himpunan mahasiswa jurusan, himpunan mahasiswa program studi, dan himpunan mahasiswa lainnya jika akan mengadakan kegiatan donor darah, maka akan disarankan oleh UDD Pembina PMI Provinsi Lampung untuk disampaikan ke KSR PMI Unit Unila agar jadwalnya tidak berbarengan.

Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S., Pembina Teknis KSR PMI Unit Unila yang juga Mantan Rektor Unila dua periode dalam sambutannya mengharapkan agar Unila bisa mempertahankan sebagai lumbung darah dan menyosialisasikan kepada civitas academica Unila untuk menjadikan donor darah sebagai sesuatu hal yang dapat kita berikan untuk membantu orang lain tanpa perlu mengeluarkan uang.

Menurut Esti Widia Hartati Koordinator Donor KSR PMI Unila yang juga merupakan Duta Donor Darah PMI Provinsi Lampung Tahun 2022, kegiatan kali ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Yulianto, M.Si, Kepala UDD Pembina PMI Provinsi Lampung, yang diwakili Joni Herlambang, dan Duta Donor Darah PMI Provinsi Lampung Tahun 2021, Luke Hardianto.

Ketua Panitia Donor Darah Mandiri Andhika Senatama mengatakan bahwa pada kesempatan ini, UDD Pembina PMI Provinsi Lampung memberikan piagam penghargaan kepada 8 orang pendonor yang sudah berkali-kali mendonorkan darahnya, yakni;

Pendonor 10 kali:
1) Abdul Rozak, S.Pd.
2) Yunita Rahayu
3) Wahyu Yulianto
4) Detri Viki Mandasari
5) Nasyratul Ilmi, S.T.

Pendonor 50 kali:
1) Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S.

Pendonor 75 kali:
1) Rahmat Syah, S.Pd., M. Kes.
2) Pairul Syah

UDD Pembina PMI Provinsi Lampung menurunkan 4 orang personelnya yaitu Zultri Saputra, Arie Yudhatama, Gerald Pratama, dan Mya Silvia Bella. Didapatkan 51 kantong darah dari 58 peserta yang mendaftarkan, ada 6 orang tidak bisa donor darah karena Hb rendah dan 1 orang karena sebab lain.

Dalam keterangan terpisah, Ketua KSR PMI Unit Unila Muhammad Hasan menyampaikan harapan agar Pemerintah Provinsi Lampung, PMI Provinsi Lampung, Pemerintah Kota Bandar Lampung dan PMI Kota Bandar Lampung agar bisa lebih bersinergi dan banyak memberikan perhatian dan melibatkan KSR Unila dalam program-program yang berkaitan dengan kemanusiaan mengingat KSR PMI Unit Unila telah berpengalaman dalam penanganan bencana alam, membantu masyarakat yang butuh darah dari database pendonor aktif yang selama ini dikelola dengan baik, dan lain-lain.(*/inz)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.