Pengukuhan Srikandi Pemuda Pancasila, Sekprov Lampung Apresiasi Peran Perempuan dalam Pembangunan

by -232 Views
banner 728x90

Medsoslampung – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto menghadiri acara Pengukuhan Srikandi Pemuda Pancasila Provinsi Lampung Masa Bakti 2023-2027, di Aula Boemi Kedaton Resort, Bandar Lampung, Jum’at (10/2/2023).

Pada kesempatan itu, Sekprov Lampung mengapresiasi besarnya peranan perempuan dalam pembangunan Lampung. Di antaranya banyaknya tokoh perempuan yang menjadi pemimpin di berbagai lembaga dan organisasi. Hal ini terlihat bahwa 3 dari 15 Kepala Daerah yaitu perempuan atau sekitar 20 persen.

banner 336x280

Kemudian, di tingkat Provinsi sekitar 25 persen pejabat eseleon II itu perempuan, Rektor Unila perempuan, Kepala BPK juga perempuan, termasuk dua wakil ketua DPRD juga perempuan.

“Melihat statistik ini, maka perempuan memiliki peranan yang sangat penting, baik pada tatanan kepemimpinan daerah, tatanan administrasi pemerintah, dan bidang lainnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Fahrizal menjelaskan bahwa berdasarkan data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, jumlah kasus perempuan korban kekerasan yang masuk dari Januari – Desember tercatat sebanyak 2.338 kasus, dengan 2.159 Kasus atau 92,33% telah mendapatkan layanan komprehensif.

Kemudian, berdasarkan Komnas Perempuan pada Januari – November 2022 telah menerima 3.014 kasus kekerasan berbasis gender terhadap perempuan, termasuk 860 kasus kekerasan seksual di ranah publik/komunitas dan 899 kasus di ranah personal.

“Berkenaan hal tersebut, tahun 2022 merupakan tahun bersejarah bagi gerakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan, khususnya kekerasan seksual di Indonesia. Setelah menjalani proses kurang lebihnya 12 tahun, upaya menghadirkan payung hukum yang lebih baik untuk mencegah dan menangani kekerasan seksual berbuah Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS),” ujar Fahrizal.

Terkait hal itu juga, Fahrizal berharap Srikandi sebagai garda terdepan dari organisasi Pemuda Pancasila, dapat bersinergi bersama Pemerintah Daerah Lampung untuk mengatasi berbagai permasalahan perempuan yang ada di daerah Lampung.

Pada bagian lain, Fahrizal mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus Srikandi Pemuda Pancasila Provinsi Lampung.
“Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, saya mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus Srikandi Pemuda Pancasila Provinsi Lampung,” jelas Fahrizal.

Fahrizal berharap para srikandi mampu menjalankan amanah untuk berbakti demi memajukan Provinsi Lampung,” ujarnya.

Adapun Srikandi Pemuda Pancasila Provinsi Lampung Masa Bhakti 2023-2027 kembali diketuai oleh Misgustini. Pengukuhan tersebut dilakukan langsung oleh Sekjen DPN Srikandi Pemuda Pancasila Irma Susanny.

Sementara itu, Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Lampung, Rycko Menoza, berharap agar Srikandi Pemuda Pancasila Lampung dapat melakukan perubahan dan perbaikan yang lebih baik kedepannya.

“Kepengurusan juga harus diisi dari berbagai warna. Serta harus melakukan kegiatan sesuai dengan tupoksinya, terutama berbuat bagi masyarakat,” jelasnya.

Rycko menyampaikan selamat atas pengukuhan pengurus Srikandi Pemuda Pancasila Provinsi Lampung masa bakti 2023-2027.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MPW Srikandi Pemuda Pancasila Lampung Misgustini menyampaikan bahwa Srikandi Pemuda Pancasila Lampung siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dalam mendukung pembangunan di Provinsi Lampung.

Ia juga menjelaskan bahwa Srikandi Pemuda Pancasila Lampung sangat membuka diri seluas-luasnya kepada unsur pengurus perempuan yang ada di Provinsi Lampung untuk bergabung dengan Srikandi Pemuda Pancasila Lampung. (adp/iwr)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.