Seminggu Lagi, RSUD Abdul Moeloek Terima Hasil Akreditasi LARS DHP

by -161 Views
banner 728x90

Medsoslampung – Hasil survei Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP) terhadap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung akan ke luar seminggu lagi.

Dikrektur RSUD dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung dr. H. Lukman Pura, Sp.PD., KGH., MHSM. sangat optimistis akreditasi terhadap peningkatan mutu lelayanan itu akan mendapatkan hasil Akresitasi Paripurna.

banner 336x280

“Seminggu lagi (hasilnya) ke luar. InSyaa Allah kita meraih Akresitasi Paripurna,” ucap Lukman Pura, kepada wartawan media ini saat bertemu di Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (21/3/2023).

Ia menjelaskan, survei penilaian dilakukan dalam dua tahap. Yaitu, tahap daring (dalam jaringan) pada 1 Maret 2023, dan tahap luring (luar jaringan) pada 6-8 Maret 2023.

“Saat survei luring, kita mendapatkan masukan-masukan untuk perbaikan layanan,” ujar Lukman Pura.

Masukan itu di antaranya membeeikan sekat-sekat pada ruang pelayanan. “Tidak begitu bermasalah, karena ini sebenarnya dapat kita penuhi. Terlebih waktu perbaikan diberikan selama 45 hari kerja. Kita optimistis bisa memperbaiki hal tersebut,” tutur Lukman Pura.

Sebelumnya, Lukman Pura menerangkan bahwa survei independen oleh LARS DHP merupakan amanat dari Undang Undang No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Dalam UU tersebut diamanatkan adanya akreditasi RS yang dilakukan oleh lembaga independen.

“Akreditasi rumah sakit merupakan suatu jalan untuk meningkatkan mutu pelayanan, karena di dalamnya terdapat standar-standar yang dipergunakan untuk membangun, membuat alur pelayanan yang memperhatikan keselamatan pasien rumah sakit,” tutur Lukman Pura.

Menurut Lukman Pura, akreditasi penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana mutu dan kualitas pelayanan RS yang diberikan kepada pasien. “Oleh karena itu, komitmen dari pimpinan dan dukungan dari seluruh SDM yang ada memiliki peran penting dalam mencapai keberhasilan akreditasi,” ujarnya.

Lukman Pura berharap setelah melakukan penilaian akreditasi ini, RSUD dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat tentang jaminan mutu dan kepuasan pelayanan.

“Kita berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat juga menjadi fasilitas kesehatan unggulan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Lampung,” ucapnya.(inz)

 

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.